Kompetensi Utama Lulusan

Kurikulum pada Program Studi Muamalah memuat mata kuliah kompetensi utama. Yang dimaksud mata kuliah kompetensi utama disini adalah mata kuliah inti yang menjadi core ilmu kemuamalahan, yang didalamnya memuat pengetahuan material/subtansial, konseptual, dan metodologis. Pada Program Studi Muamalah mata kuliah yang termasuk  pada kualifikasi kompetensi utama, yaitu:

Pengantar Ilmu Hukum, Fiqh Muamalah I, Pengantar Ilmu Ekonomi, Filsafat Hukum Islam, Ushul Fiqh I, Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi, Hadits-Hadits Ekonomi, Fiqh Muamalah II, Fiqh Munakahat, Fiqh Mawaris,  Hukum Perbankan, Hukum Perdata, Manajemen Perusahaan, Ushul Fiqh II, Fiqh Perbankan, Fiqh Muamalah III, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Hukum Perikatan, Peradilan Islam di Indonesia, Fiqh Siyasah, Fiqh Jinayah, Hukum Acara Perdata, Asuransi, Hukum Dagang, Qawaid Fiqh Muamalah I, Fatwa-Fatwa Ekonomi Syariah, Metode Penelitian, Hukum Acara Peradilan Agama, Hukum Perikatan Islam, Hukum Pajak, Qawaid Fiqh Muamalah II, dan Metode Penelitian Ekonomi Syariah, Praktek Profesi, Ujian Komprehensif, dan Penulisan Skripsi. Dari mata kuliah tersebut, lulusan Program Studi  Muamalah diorientasikan dapat  menjadi tenaga profesional yang diserap oleh lembaga-lembaga keuangan syariah atau lembaga bisnis berdimensikan syariah, dengan kompetensi utamanya dalam bidang hukum ekonomi syariah.

Struktur Kurikulum

Jumlah SKS PS (Minimum untuk kelulusan)  154 sks tersusun sebagai berikut:

Jenis Mata KuliahsksKeterangan
(1)(2)(3)
Mata Kuliah Wajib136
Mata Kuliah Pilihan18Jumlah Mata Kuliah Pilihan yang ditawarkan Program Studi Muamalah sebanyak 34 sks.
Jumlah Total154

 

Struktur kurikulum berdasarkan mata kuliah (MK), Semeter demi semester :

Format table daftar mata kuliah

Kompetensi Pendukung Lulusan

Kurikulum Program Studi Muamalah memuat mata kuliah kompetensi pendukung. Yang dimaksud mata kuliah kompetensi pendukung disini adalah mata kuliah yang dipandang menjadi komponen strategis dalam mendukung keahlian hukum ekonomi syariah. Mata kuliah yang termasuk pada kompetensi pendukung, yaitu: Legal Drafting, Hukum Transaksi Bisnis, Lembaga Ekonomi Umat, Hukum Atas Kelayakan Intelektual,  Teori Ekonomi Mikro, Hukum Perburuhan, Manajemen Keuangan Syariah, Teori Ekonomi Makro, Manajemen Zakat dan Haji, Pengantar Perbankan Syariah, Akuntansi Perbankan, Manajemen Perbankan Syariah, Hukum Tentang Pasar Modal, Hukum Alternatif Penyelesaian Perkara, Manajemen Pemasaran Bank Syariah, Manajemen Pembiayaan Bank Syariah, dan Analisa Laporan Keuangan Bank Syariah. Dari mata kuliah tersebut, lulusan Program Studi Muamalah dibekali kompetensi pendukung untuk menjadi tenaga profesional yang diserap oleh lembaga-lembaga keuangan syariah, lembaga bisnis berdimensikan syariah, lembaga kepemerintahan dan non pemerintah.

Kompetensi Lainya Lulusan

Kurikulum pada Program Studi Muamalah memuat mata kuliah kompetensi lainnya. Yang dimaksud mata kuliah kompetensi lainnya disini adalah mata kuliah yang bertujuan untuk membekali mahasiswa memiliki kompetensi kemandirian. Mata kuliah yang termasuk pada kompetensi lainnya, yaitu: Kewirausahaan, Ilmu Falak dan KKN. Dari mata kuliah tersebut, lulusan Program Studi Muamalah dibekali kompetensi kemandirian melalui entrepreneurship.