Euforia 18th Muamalah Day

Oleh Arif Rahman

Muamalah A / III

Muamalah adalah salah satu Program Studi di Fakultas Syariah dan Hukum yang secara keilmuan, Prodi Muamalah difokuskan pada pengembangan keilmuan dalam bidang Hukum Ekonomi Syariah. Namun, selain untuk meningkatkan kemampuan akademis mahasiswa pada Prodi Muamalah, (HM-J) Himpunan Mahasiswa Jurusan Muamalah juga mengadakan event tahunan yang disebut dengan Muamalah Day. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memeriahkan HUT HM-J Muamalah yang didirikan pada tanggal 15 Desember 1998. Selain dari Prodi Muamalah, Muamalah Day juga melibatkan Prodi Ekonomi Syariah yang telah dianggap sebagai kerabat dari Muamalah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan akademis dan non-akademis, serta meningkatkan hubungan silaturahmi antarsemester dan antarkelas di Prodi Muamalah dan Ekonomi Syariah.

HM-J Muamalah telah 18 kali mengadakan event Muamalah Day, berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini Muamalah Day mengusung tema “TOTAL DALAM BEKERJA, KREATIF DALAM BERKARYA, DAN LOYAL DALAM MENGABDI”, dengan tema tersebut diharapkan agar para mahasiswa dapat menerapkan nilai Total, Kreatif, dan Loyal dalam mengerjakan segala aktivitas sehingga dapat mncapai kesuksesan.

Pada Muamalah Day yang ke-18 ini, ada beberapa perlombaan dan pertandingan yang diselenggarakan, diantaranya adalah, dari bidang Olahraga diadakan pertandingan Futsal Putra dan Putri, Volly Putra dan Putri, Basket Putra dan Putri, Badminton Ganda Putra dan Putri serta Ganda Campuran. Pada bidang Seni diadakan perlombaan Pentas Seni,Seni Lukis/Kaligrafi dan Karnaval, pada bidang Kode Etik diadakan lomba MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an), di bidang (PI) Pengembangan Intelektual diadakan lomba LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) dan Debat Hukum, serta pada bidang KWU (Kewirausahaan) diadakan lomba Business Plan.

Sangat jelas terlihat antusias dari mahasiswa dan mahasiswi yang selalu meraimaikan stand pendaftaran Muamalah Day di depan Gedung Kuliah Fakultas Syariah dan Hukum serta respond positif dari para dosen dalam rangka memeriahkan Muamalah Day yang ke-18 ini.

Muamalah Day berlangsung selama 9 hari yang dimulai sejak tanggal 6 Desember 2017 sampai tanggal 14 Desember 2017. Sebelum diadakan opening ceremony, telah diselenggarakan  beberapa pertandingan diantaranya adalah badminton, voli, dan basket. Terlihat sangat banyak penonton yang hadir untuk mensupport perwakilan dari kelas mereka. Alhamdulillah setiap pertandingan dapat berlangsugn dengan kondusif.

Pada tanggal 6 Desember 2017 diadakan Grand Opening Ceremony of Muamalah Day yang diadakan di Aula Student Center of UIN Bandung. Agar Grand Opening ini menjadi semakin meriah, maka diadakan karnval yang mana dipimpin langsung oleh Gladiator Muamalah. Masing-masing kelas yang mengikuti karnaval tersebut, saling berlomba dalam kreatifitas agar kelasnya menjadi yang paling menarik. Kelas saya sendiri, Muamalah A/III menggunakan atribut seperti balon dan topi yang colorful agar menarik perhatian ribuan pasang mata yang menonton karnaval. Setibanya di Student Center, sebagian dari peserta karnaval tersebut diarahkan untuk masuk ke Aula Student Center dan sebagian yang lain diarahkan ke Mayasari Futsal Cibiru untuk mensupport Tim Futsal Putri Muamalah yang sedang bertanding pada Lifuma-AJ.

Back to Grand Opening Ceremony, acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan I, Sekretaris Jurusan Muamalah, Ketua HM-J Muamalah, Ketua OC Muamalah Day, serta masyarakat Muamalah dan Ekonomi Syariah.

Setelah Opening Ceremony berakhir, langsung dilanjutkan dengan lomba Pentas Seni. Ternyata banyak sekali mahasiswa Muamalah yang memiliki bakat yang luar biasa, salah satunya adalah bakat bernyanyi. Pada hari Jumat dan Sabtu, dilanjutkan dengan perlombaan Business Plan, Musabaqah Tilawatil Qur’an, Lomba Karya Tulis Ilmiah, dan Seni Lukis/Khaligrafi. Meskipun tidak semua kelas mengikuti perlombaan tersebut, namun euforia Muamalah Day tetap terasa dengan diampilkannya bakat-bakat yang dimiliki oleh Mahasiswa Muamalah dan Ekonomi Syariah.

Pada hari Senin, 11 Desember 2017, dilanjutkan dengan pertandingan Badminton di GOR UIN dan Volleyball di Lapangan Voli UIN. Kedua tempat tersebut dipenuhi oleh para supporter yang mendukung para atlet dari kelasnya. Keesokan harinya, dilanjutkan dengan pertandingan Basket dan Voli. Pertandingan ini berlangsung dengan sangat seru terkhususnya di Final Voli Putra yang membuat suasan menjadi tercekam karena serunya permainan dari masing-masing tim.

Pada hari Rabu, 13 Desember 2017, pertandingan Futsal diadakan di Zone 73. Kick off pertama dimulai pada pukul 10:00. Zone 73 diramaikan oleh hampir semua mahasiswa muamalah yang hadir untuk mendukung tim dari kelasnya masing-masing. Pertandingan berlangsung dengan sangat seru, baik itu futsal putra maupun putri. Satu persatu tim mulai berguguran. Pertandingan futsal ini berlangsung hingga malam hari, namun para pemain masih tetap semangat dan para supporter tetap setia untuk mendukung tim kebanggaanya. Pertandingan futsal ini pun dimengang oleh Ekonomi Syriah III untuk kategori putri, dan untuk kategori putra dimenangkan oleh Muamalah A/III.

Tibalah pada puncak Muamalah Day yaitu Clossing Ceremoni dan penyerahan hadiah yang diadakan pada tanggal 14 Desember 2017 di Cafetaria UIN. Acara penutupan ini dihadiri oleh perwakilan dari seluruh kelas. Acara penutupan menjadi semakin meriah karena ada penampilan seni musik dari mahasiswa muamalah. Selain itu, ada beberapa doorprise yang diberikan kepada mahasiswa yang bersedia menjawab pertanyaan dari panitia.

Suasana di Cafetaria menjadi semakin meriah pada saat pengumuman juara dan penyerahan hadiah. Para peserta yang menjadi pemenang diberikan apresiasi berupa plakat dan sertifikat. Betapa bahagia dan bangganya setiap kelas yang diumumkan sebagai juara dari perlombaan yang diadakan tersebut.

Diharapkan Muamalah Day ini bisa diadakan dengan lebih meriah lagi pada tahun selanjutnya dengan lomba-lomba yang lebih beragam.

Sampai jumpa di Muamalah Day 2018.

Muamalah Kabeh Dulur, Muamalah is Hometown, Muamalah Juara, Muamalah Jaya.

Mari diskusi ..