Pembentukan Pranata Bank Syariah Di Indonesia

PEMBENTUKAN PRANATA BANK SYARIAH DI INDONESIA (Studi Atas Gerakan Umat dan Formalisasi Hukum Islam Bidang Perbankan di Indonesia)

Mustofa Mustofa

Abstract

Sejak awal tahun 70-an gerakan Islam di Indonesia telah memasuki bidang ekonomi dengan diperkenalkannya sistem ekonomi Islam, sebagai alternatif terhadap sistem kapitalis  dan sistem sosialis. Wacana sistem ekonomi Islam itu diawali dengan konsep ekonomi dan bisnis non-ribawi. Dari wacana tersebut, muncul pemikiran untuk mencari sistem perbankan alternatif, maka pada tahun1991 berdirilah Bank Muamalat Indonesia (BMI), sebuah lembaga perbankan Islam dengan sistem tanpa bunga, dan telah mendapat legalitas hukum dengan lahirnya UU No1/1992 yang diikuti dengan UU No.10/1998. Penegakkan syari’at di bidang perbankan dapat disebut sebagai bagian dari perjuangan kaum fundamentalis di bidang ekonomi Islam. Namun demikian, keberadaannya memerlukan perlindungan legislasi. Peranan pemerintah dalam menegakkan hukum “syari’ah” sangatlah berpengaruh dan bersifat instrumental. Dilihat dari sudut pandang pembentukan dan perubahan  hukum Islam, sistem Bank Islam merupakan sebuah hasil dari transformasi prinsip-prinsip dan mekanisme perekonomian yang terdapat dalam al Qur’an dan Sunnah ke dalam bahasa praksis Bank Islam, dengan terlebih dahulu dilakukan penelaahan dan penterjemahan atas konsep-konsep lembaga keuangan syari’ah yang telah dirumuskan para fukaha dalam kitab-kitab fiqh.

Keywords

Hukum Islam, Ijtihad, Pranata Bank Syari’ah

Full Text:

Download PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Habib Nazir (1998), Bank Islam dalam At-Tadbir, Bandung: PPIP-IAIN.

Al-Jauziyyah, Ibn al Qayyim, (tt) I’lam al-Muwaqi’in al Rab al-“Alamin, Beirut, Dar al-Jill.

Al Na’im, Abdullahi Ahmed, (1994) Dekonstruksi Syari’ah, Wacana Kebebasan Sipil, Hak-hak Asasi Manusia dan Hubungan Internasional dalam Islam, (terj. Ahmad Suaedy) Yogyakarta, LKIS.

Amirullah, Ahmad, (1996), Dimensi Hukum Islam dalam Sistem Hukum Nasional, Jakarta: Gema Insani Press.

Basyir, Ahmad Azhar, (1994) Corak Lokal dalam Hukum Positif di Indonesia, dalam Mimbar Hukum, No. 13 Tahun V, Jakarta: Hikmah & Ditbinperta Islam Depag RI.

Bisri, Cik Hasan, (2004) Pilar-pilar Penelitian Hukum Islam dan Pranata Sosial, Jakarta: Rajawali Press.

Fyzee A.A., (1995) Out Lines of Muhammad Law, London Oxford University Press.

Idat, Dhani Gunawan, Problematika Yuridis Perkembangan Lembaga Keuang Syari’ah di Indonesia, (makalah) dalam Seminar Menggagas Pembukaan Prodi Hukum Bisnis Syari’ah, UIN Jakarta, tanggal 25 Agustus 2005.

Idat, Dhani Gunawan, (2005) Mungkinkah ada Korupsi di Bank Syari’ah, Makalah dalam Jurnal Kiprah dan Langkah Ekonomi Syari’ah di Indonesia, Jakarta: PPES-Universitas Trisakti, Edisi I.

Karim, Adiwarman, Neni Kurnia dan Ilham D. Sannang, Sistem Ekonomi Islam, (makalah) dalam Seminar “PerBankan Syari’ah dalam Solusi Bangkitnya Perekonomian Nasional” Jakarta, 6 Desember 2001.

Kompas, “Penghapusan BMPK Dorong Pertumbuhan Bank Syari’ah”, (Berita) tanggal. 27 Januari 2005.

Lukito, Ratno, (1998) Pergumulan antara Hukum Islam dan Adat di Indonesia, Jakarta: INIS.

Madjid, Nurcholis, (1999) Islam Kemodernan dan Keindonesiaan, Bandung: Mizan.

Muhaimin, (2003) Peranan Akuntansi Syari’ah dalam Pengelolaan Keuangan Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung, (Skripsi) (Bandung, Fakultas Syari’ah IAIN SGD Bandung.

Muhammad, (2000), Sistem dan Operasional Bank Islam, Yogyakarta; UII Press.

Mudzafar, Muhammad Atho, (1997), Pengaruh Faktor Sosial Budaya terhadap Produk Pemikiran Hukum Islam, dikutip Cik Hasan Bisri dalam Bunga Rampai Peradilan Islam di Indonesia, Bandung: Ulul Albab Press.

Praja, Juhaya S., (1981), Pengantar Hukum Islam di Indonesia, Bandung: Rosyda Karya.

Prawiraatmadja, Karnaen A. dan M. Syafi’I Antonio, (1992) Apa dan Bagaimana Bank Islam, Yogyakarta, Dana Bhakti Wakaf.

Raharjo, M. Dawam, (1996) Ensiklopidi Al Qur’an, Jakarta: Paramadina,

_________, Islam dan Masalah-masalah Kontemporer, (makalah), disampaikan dalam Orasi Ilmiah Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta, tanggal 18 Januari 2003.

Schacht, Joseph, (1985),Intoduction of Islamic Law, terj. M. Said, dkk., Jakarta: PPS & PTAI & Ditjen Bimbaga Islam Depag RI.

Suhendi, Hendi, (2004) Pengembangan Sistem Ekonomi Islam dalam Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Nasional, (makalah) dalam Jurnal Syari’ah, Fakultas Syari’ah IAIN SGD Bandung.

Syalthut, Mahmud, (1978) Islam Aqidah dan Syari’ah, Jakarta: Bulan Bintang.

Teba, Sudirman, (1993), Perkembangan Terakhir Hukum Islam di Asia Tenggara, (ed), Bandung: Mizan.

Zuhaili, Wahbah, (1986) Ushul Fiqh al Islami Damaskus, Dar al Fikr,

Al-Muamalat

Al-Mu’amalat (P-ISSN : 2086-3225) adalah Jurnal pengembangan Ekonomi Syari’ah yang diterbitkan pertama kali oleh Jurusan Muamalah Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Terbit setiap enam bulan sekali sebagai media publikasi makalah ilmiah, sinopsis laporan penelitian dan pembahasan buku bidang Ekonomi Syari’ah. Isi atau artikel yang dimuat dalam Jurnal ini tidak mencerminkan pandangan  dan pemikiran redaksi atau isntitusi.

Link Site [ https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/mua/index ]


Mari diskusi ..