Dari segi sarana prasarana, Program Studi Muamalah memiliki ruang kuliah yang terintegrasi dengan Fakultas Syariah dan Hukum yang memiliki ruang kuliah sebanyak 28 ruang yang terletak di Gedung Perkuliahan S, yang masing-masing dilengkapi dengan white board, Projector, layar Projector, Wi-fi atau hotspot, dan khusus untuk mourt court terdapat AC, perlengkapan peradilan semu terdapat labolatorium Islamic small banking, yang mendukung kegiatan belajar mengajar dan lainnya dengan baik. Selain itu, terdapat pula ruang konsultasi dan ruang istirahat dosen.

Selanjutnya terdapat juga ruang sidang, mushalla dan perpustakaan prodi yang mempunyai koleksi judul buku yang secara spesifik berkaitan dengan mata kuliah dan juga terdapat fasilitas jurnal-jurnal Hukum Ekonomi Syari’ah yang dapat digunakan sebagai bahan tambahan pembelajaran atau pengetahuan.

Sumber pendanaan pada Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah menggunakan sistem sentralisasi, yaitu seluruh pemasukan dana baik dari SPP maupun yang lainnya dibayarkan mahasiswa ke bagian keuangan Pusat melalui Bank yang ditunjuk dengan sistem autodebet atau dibayar tunai di bank yang bersangkutan. Selanjutnya, Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah melalui Fakultas mengajukan usulan dana kepada bagian Keuangan FSH berdasarkan analisis kebutuhan dana yang dibuat oleh Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah. Usulan tersebut kemudian dibicarakan bersama-sama dengan usulan dana dari Program Studi  Muamalah lainnya dengan memberikan data-data pendukung yang dibutuhkan, seperti jumlah dosen dan karyawan, berbagai bentuk program dan kegiatan yang akan dilaksanakan, barang dan jasa yang harus diadakan dan lain sebagainya. Usulan tersebut dituangkan dalam Rencana Bisnis Anggaran (RBA) dengan menggunakan sistem DIPA dan BLU.

Kegiatan perkuliahan dilaksanakan secara baik sesuai dengan jadwal yang telah disusun pada setiap semester. Proses perkuliahan dilakukan melalui berbagai bentuk seperti tatap muka di kelas, diskusi, penyajian makalah, seminar dan penugasan. Selain itu dilakukan pula kuliah umum dengan mendatangkan guru besar atau tenaga ahli baik dari dalam maupun luar UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kegiatan perkuliahan, stadium general dan lainnya didukung oleh sistem monitoring kuliah melalui dua pihak, yakni monitoring kehadiran yang diisi oleh dosen dan kehadiran dosen yang telah diisi oleh mahasiswa melalui ketua kelas. Kedua monitoring ini dilengkapi dengan batas materi perkuliahan serta catatan lain yang terkait dengan pembelajaran.

Selanjutnya berbagai kegiatan yang mendukung terciptanya atmosfir akademik dapat terselenggara dengan baik, yaitu dengan menyediakan sarana prasarana yang lengkap serta berbagai program dan kegiatan yang makin beragam. Sarana prasarana tersebut antara lain berupa perpustakaan dengan koleksi yang beragam, laboratorium peradilan semu, jaringan internet, penyediaan projector pada setiap ruangan kelas, dan sebagainya. Sedangkan yang bersifat program antara lain dengan menyelengarakan kegiatan kuliah umum, seminar, diskusi, workshop, pelatihan, pekan ilmiah, diskusi dan lain sebagainya. Selain itu dilaksanakan pula kegiatan seminar dan penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa, praktikum dan pembekalan praktikum, pembimbingan skripsi, konsultasi dengan dosen Pembimbing Akademik (PA), penerbitan Jurnal, penerbitan brosur, penulisan buku ajar, ujian tengah dan akhir semester, observasi lapangan dan praktikum keahlian.

Untuk menunjang peningkatan mutu akademik, diupayakan antara lain dengan penyediaan sistem informasi, seperti ketersediaan internet, situs website melalui FSH dan email: hes.uinsgd.ac.id, muamalahuinbandung@gmail.com, serta  Home page: www.fshuinbdg.ac.id. Sedangkan fasilitas Local Area Networking (LAN) dirancang oleh pihak Fakultas melalui Sistem Informasi Manajemen Akademik (SIMAK) FSH UIN Sunan Gunung Djati Bandung, terutama untuk keperluan KRS, Daftar Hadir Perkuliahan, Kartu Hasil Studi dan keperluan akademik lainnya. yang dapat diakses secara langsung di Program Studi  Muamalah. Sebelumnya, Kartu Hasil Studi mahasiswa dikelola secara terpusat pada Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sistem penjaminan mutu bagi lulusan dan seluruh yang berkaitan dengan pengembangan Program Studi Muamalah sudah terlembagakan pada tingkat Universitas melalui Pusat Penjaminan Mutu (PPM), yang menetapkan tentang standar jaminan mutu yang meliputi seluruh aspek pendidikan dan ditetapkan melalui evaluasi diri yang sudah baku. Selain itu telah dilakukan berbagai upaya melalui pengkajian kurikulum, monitoring proses pembelajaran, dan peningkatan sumber daya manusia (dosen dan tenaga penunjang). Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dosen dilakukan melalui studi lanjut dan berbagai pelatihan, terutama terkait dengan peningkatan kemampuan pengelolaan pengajaran, seperti pembuatan silabi dan SAP. Selain melalui PPM, pada tingkat Fakultas terdapat Komisi Penjaminan Mutu (KPM) dan pada tingkat Program Studi  terdapat Gugus Penjamin Mutu (GPM).