Sejarah Prodi Hukum Ekonomi Syariah

Program Studi Muamalah adalah salah satu Program Studi perdana yang ada di IAIN Sunan Gunung Djati. Keberadaannya dimulai sejak pertama kali IAIN SGD Bandung berdiri yaitu 28 Maret 1968, melalui SK Menteri Agama Nomor 57 tahun 1968. Diawal pendiriannya, IAIN SGD Bandung memiliki tiga fakultas yaitu Ushuludin, Tarbiyah dan Syariah. Fakultas Syariah memiliki dua Program Studi yaitu Program Studi Qadha (Peradilan Agama) dan Muamalah Jinayah (Perdata Pidana Islam). Program Studi Muamalah-Jinayah mulai melangsungkan kuliah angkatan pertama pada tanggal 1 Sepetember 1969.

Seiring dengan perkembangan ilmu dan spesialisasi kajian, pada tahun ajaran 1994/1995, Program Studi Muamalah-Jinayah dipecah menjadi dua Program Studi berbeda, yaitu Program Studi Muamalah dan Program Studi Jinayah-Siyasah.

Pemisahan ini dikukuhkan melalui SK Rektor IAIN Sunan Gunung Djati Bandung No. In.10/PP/00.9/17/1996. SK ini kemudian diperkuat oleh SK dari Direktur Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Departemen Agama RI pada tanggal 27 Oktober 2008. Mulai tahun 2005, IAIN Sunan Gunung Djati Bandung berubah status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Fakultas yang menaungi Program Studi Muamalah pun berkembang menjadi Fakultas Syariah dan Hukum.

Menjadi Program Studi yang Unggul dan Kompetitif di Tingkat Nasional dalam Bidang Ilmu Hukum Ekonomi Syariah pada Tahun 2020

Dalam melaksanakan kegiatan proses belajar-mengajar dan kegiatan-kegiatan lain yang terkait dengan aktivitas ilmiah akademik, mengacu pada visi Program Studi Muamalah Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yaitu: “Menjadi Program Studi yang Unggul dan Kompetitif di Tingkat Nasional dalam Bidang Ilmu Hukum Ekonomi Syariah pada Tahun 2020”. Program Studi Muamalah telah terakreditasi dengan nilai A berdasarkan nomor SK BAN-PT, No. 039/BAN-PT/Ak-X/S1/IV/2014.

Untuk mendukung visi yang dimaksud telah ditentukan misi Program Studi Muamalah, yaitu:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan akademik yang profesional dalam bidang Ilmu Hukum ekonomi Syariah;
  2. Mengembangkan keilmuan dalam bidang ilmu hukum ekonomi syariah melalui kegiatan penelitian;
  3. Menyebarluaskan hasil kajian ilmu hukum ekonomi syariah melalui media ilmiah.

Mekanisme Tata Pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan yang diterapkan Program Studi Muamalah terdiri dari Seorang Ketua yang bertugas mengendalikan penyelenggaraan dan bertanggung jawab terhadap pimpinan institusi FSH UIN Sunan Gunung Djati Bandung secara umum. Dalam menjalankan tugas tersebut, Ketua dibantu oleh seorang Sektetaris dan staff adminitrasi yang bertugas menyelenggarakan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi prodi.

Guna menunjang dan memperlancar tugas pengelola secara administratif, Program Studi Muamalah dibantu oleh staff prodi. Selain itu, dalam pelaksanaannya Program Studi Muamalah selalu berkoordinasi dengan Pembantu Dekan Bidang Akademik, Pembantu Dekan Bidang Adminitrasi Umum serta Dekan FSH dan Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan serta Dekan FSH.

Sistem pengelolaan Program Studi Muamalah Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung dilakukan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Statuta UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pengelola terdiri dari Seorang Ketua Program Studi atau Program Studi  yang dibantu oleh seorang Sekretaris. Penentuan pengelola ini dilakukan berdasarkan hasil pemilihan yang dilakukan oleh Senat Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Masa jabatan Ketua dan Sekretaris Program Studi  ini selama 4 (empat) tahun dan dapat dipilih kembali untuk satu periode berikutnya.

Mekanisme penerimaan mahasiswa pada Program Studi Muamalah dilakukan melalui lima jalur, yaitu; (1) melalui Jalur Penelitian Prestasi Akademik (PPA), (2) melalui Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), (3) melalui Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMBPTAIN), dan (4) melalui Jalur Ujian Tulis.

Mahasiswa baru yang akan masuk pada Program Studi Muamalah harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dengan persyaratan ini, diharapkan dapat mendukung terlaksananya visi, misi dan tujuan Program Studi Muamalah sebagaimana tersebut di atas.

Kemampuan akademik mahasiswa yang dapat dilihat dari Indeks Prestasi (IP) yang mereka capai setiap semester secara umum menunjukkan keadaan yang baik, bahkan memuaskan. Di samping mahasiswa lulus dalam setiap ujian semester dengan rata-rata IPK di atas 3,00 juga dalam IPK akhir yakni pada saat ujian Munaqasah, nilai mata kuliah dan nilai ujian skripsi mencapai nilai rata-rata 3.00, bahkan ada yang mencapai cumlaude. Kondisi ini tidak terlepas dari pelaksanaan program bidang akademik dan kegiatan kemahasiswaan yang berjalan dengan baik, seperti penyelenggaraan proses belajar mengajar, penggunaan berbagai referensi yang kontemporer. Demikian pula kegiatan kemahasiswaan yang bersifat ekstra kurikuler yang dikoordinir oleh Senat Mahasiswa Fakultas (Sema-F), Dewan Mahasiswa Fakultas (Dema-F) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Ekonomi Syari’ah berjalan dengan baik. Hal ini antara lain dapat dilihat dari berbagai kegiatan kemahasiswaan dan keikutsertaan mahasiswa pada berbagai perlombaan baik lokal, regional maupun nasional.

Dosen tetap Program Studi Muamalah berjumlah 24 orang. Mereka adalah:

Prof. Dr. Jaih Mubarok, SE., M.H., Prof Dr. Rahmat Syafe’i, LC., MA., Dr. Atang Abdul Hakim, MA., Dr. Yadi Janwari, M.Ag. Dr. Ade Spfyan Mulazid, S.Ag., MH., Dr. Nana Herdiana, SE., MM, Ak., Dr. Abdul Hamid, M.Ag., Dr. Deni Kamaludin Yusuf, M.Ag., Drs. Aliyudin, M.Ag., Dra., Siti Nurfatoni, M.Ag., Sopyan Al Hakim., S.Ag., M.Ag., Sarip Muslim., S.Ag., MA., Muhammad Hasanuddin, S.Ag., M.Ag., Drs., Ahmad Daerobby, M.Ag., Dra. Zulbaedah., M.Ag., Neni Nuraeni, M.Ag., Mustofa., S.Ag., M.Ag., Dedi Supriadi., S.Ag., M.Ag., Yusuf Azazy., S.Ag., MA., Diah Siti Sadiah., S.Ag., M.Ag., Vinna Sri Yuniarti., SE., MM., Neneng Hartati., SE., MM., Mila Badriyah, SE., MM., Evi Sopiah., S.Ag., M.Ag.

Dari data dosen tersebut, dosen tetap pada Program Studi Muamalah memiliki 2 orang dosen Guru Besar (Profesor), 6 orang dosen bergelar Doktor (S3) dan 16 orang dosen bergelar Magister (S2), tidak ada dosen yang sarjana. Sedangkan untuk dosen tidak tetap, yaitu: Drs., Ateng Rohendi,  M.Pd., Burhanuddin., S.Ag., MH., Enceng Arif Faizal, S.Ag., M.Ag, Drs. Cecep Wahyu, M.Pd., dan Muhammad Nuh, SH., MH.,

Berdasarkan data dosen tetap dan tidak tetap tersebut, hal ini merupakan salah satu wujud nyata upaya terprogram dan strategis dalam meningkatkan mutu dan kualifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) para dosen Program Studi Muamalah. Sedangkan tenaga administrasi yang mendukung pengelolaan Program Studi Muamalah memiliki satu staf yaitu Sumiati, S.H., M.H.

Jumlah mata kuliah Prodi sebanyak 154 sks yang terdiri dari kelompok Mata Kuliah Kompetensi Dasar (MKKD), Mata Kuliah Kompetensi Utama (MKKU), Mata Kuliah Kompetensi Keahlian (MKK). Selain itu terdapat berbagai praktikum seperti Praktikum Komputer, Praktikum Ibadah, Praktikum Tilawah I, Praktikum Tilawah 2, Praktikum Peradilan, Praktikum Mata Kuliah, dan Praktikum Keahlian.